Type something and hit enter

author photo
By On
Foto Pantai Banyu Tibo Pacitan
Pantai masih menjadi destinasi favorit untuk berlibur selain menghilangkan stress berlibur ke pantai juga seru karena bisa bermain air ataupun berjemur, nah jika berbicara pantai sudah pasti bali akan masuk peringkat teratas untuk di sebutkan namun jangan berpikir begitu dulu genk masih ada pantai di daerah lain yang indah dan unik yang wajib kamu kunjungi waktu liburan salah satunya adalah Pantai Banyu Tibo yang berada di pacitan ini.

Pantai Banyu Tibo

Pantai banyu tibo salah satu pantai di pacitan yang memiliki pemandangan alam yang indah sekaligus punya ciri khas unik, keunikan dari pantai ini adalah adanya sebuah air terjun tepat di sisi pantai yang membuatnya cukup membuat penasaran.
Spot Air Terjun Pantai Banyu Tibo
Pantai yang berlokasi di Kecamatan Donorojo ini memang bakal membuat siapapun yang melihat akan terjun untuk bermain air di pantai banyu tibo, pasir pantainya yang putih bersih membuatnya enak di pandang.

Namun karena pantai ini laut samudra hindia tentu saja ombak di sini cukup ganas jadi untuk kamu yang berniat berenang kayaknya simpen dulu deh niat kamu karena cukup berbahaya, namun jangan kecewa dulu kamu masih bisa kok bermain di air terjunnya.

Baca Juga :

Sejarah Pantai Banyu Tibo

Sejarah asal muasal nama banyu Tibo dari bahasa jawa genk kalau kamu dari jawa mungkin tidak susah ya mengartikannya nah buat kamu yang gak paham mimin kasih tau, Banyu Tibo sendiri dalam bahasa jawa di bagi menjadi 2 kata genk Banyu dan Tibo. Banyu sendiri yang berarti air dan Tibo berarti jatuh perpaduan kata ini harusnya kamu sudah tahu jadi apa? Yap CURUG!!! haha ngga genk bercanda bisa di katakan banyu tibo ya air jatuh atau air terjun hal ini merujuk pada bagian sisi pantai terdapat air terjun yang katanya tidak pernah kering walaupun kemarau panjang. kalau di pikir - pikir perpaduan air tawar dan air asin ini di satu tempat cukup unik banget genk jika kamu pernah ke madura mungkin ini hampir sama seperti air terjun toroan.
Foto Sekitar Pantai Banyu Tibo

Lokasi Pantai Banyu Tibo

Sudah siapin rencana berkunjung ke pantai banyu tibo genk? kalau gitu catet dulu nih alamatnya supaya makin paham lokasi pantai banyu tibo berada di Desa Widoro, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. untuk petanya kamu bisa lihat di bawah ini.

Rute Menuju ke Pantai Banyu Tibo Pacitan

Jalan menuju ke pantai banyu tibo bisa kamu lalui dengan transportasi umum ataupun pribadi mungkin banyak yang menggunakan kendaraan pribadi dengan alasan jauh lebih cepat.

Posisi pantai banyu tibo sendiri tidak begitu jauh dari pantai watu bale hal ini karena garis pantai tepat di bagian timur jalur lintas selatan, bagi yang masih di kawasan pacitan bisa menggunakan bantuan peta ataupun gps.

Para pengunjung yang datang dari jateng biasanya mengambil rute Jalan Nasional III ataupun dari Jabar menggunakan rute jalan Tol Cipali lalu mengambil jalan ke pantai banyu tibo dari sini berjarak kurang lebih 40 km lagi.
Baca Juga : Jatim Park 3 Malang, Spot Keren di Jawa Timur
Beberapa rute berikut bisa kamu gunakan juga,

#Dari Kota Pacitan, Jl. Letjen S. Parman - Jl. Nasional III - Jl. Punung - Goa Gong - Jalan Punung - Kalak - Lokasi.

#Dari Kota Malang, Jl. Raya Lawang - Jl. S. Supriadi - Jl. Raya Kb. Agung - Jl. Raya Genengan - Jl. Lingkar Barat Kepanjen - Jl. Nasional III - Siraman - Jl. Raya Seloporo - Jl. Raya Bendosewu - Jl. Singajaya - Jl. Raya Tlogo - Jl. Nasioanal Tuliskriyo - Jl. Reco Barong - Jl. Raya Pucung Kidul - Jl. Moh. Yamin - Jalan Nasional III Trenggalek - Jl. Raya Pacitan - Jalan Nasional III Sooka - Jl. Punung-Goa Ging - Jl. Punung-Kalak - Pantai Banyu Tibo.

Harga Tiket Masuk Pantai Banyu Tibo

Spot Foto Pantai Banyu Tibo
Buat kamu yang ingin masuk ke area ini akan di kenakan biaya Rp. 2.000 saja genk pada hari biasa dan pada akhir pekan atau masa liburan menjadi Rp. 3.000 saja untuk anak - anak sedangakan untuk dewasa pada hari biasa sebesar Rp. 3.000 dan akhir pekan atau liburan sebesar Rp. 5.000 bukan kah sangat murah genk untuk wisata keren banget kaya gini? nah buat kamu yang membawa kendaraan akan di kenakan biaya parkir Rp. 2.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Wisata Dekat Pantai Banyu Tibo

1. Pantai Klayar

Pantai yang sangat populer di pacitan ini juga bisa kamu kunjungi selanjutnya genk, Salah satu deretan pantai selatan yang memiliki gugusan pantai yang indah di samping pasir putih kecoklatan yang indah panorama alam sekitar juga tidak kalah menarik.

Pantai kalak sendiri berlokasi di desa talak, kec. donorejo, kab. pacitan kamu bisa lihat peta google ini. tiket masuk yang di bebankan di pantai klayar juga sanagt terjangkau yaitu hanya sebesar 5 ribu saja genk. bisa nih mampir ke pantai indah di malang satu ini.

2. Pantai Srau

Wisata lainnya yaitu pantai srau yang berada di dusun srau, kecamatan pringkulu. saat kamu berada di pantai srau nuansa bak di pulau terpencil akan terasa di sini pantai yang di tumbuhi banyak pohon kelapa ini juga sering sekali di juluki palm beach.

Wisata pantai srau memang tidak begitu ramai di kunjungi namun itu kelebihannya genk membuat keasrian pantai srau masih terjaga, jarak daratan ke garis pantai memang tergolong sempit tapi jangan remehi panorama alamnya genk INDAH BANGET!!!.

3. Pantai Buyutan

Masih membahas sekitar pantai genk wisata selanjutnya yaitu pantai buyutan, pantai buyutan sendiri terkenal akan pantai karangnya juga ada yang unik dari pantai buyutan yaitu terdapatnya karang mahkota di pantai buyutan ini. karang mahkota sendiri menurut warga memiliki keterhubungan dengan dongeng mahkota dewa narada dalam cerita dongeng tersebut bahwa mahkota dewa narada terjatuh ke laut saat terbang di atas pantai buyutan ini dan mahkota tersebut katanya menjadi karang besar yang berada tidak jauh dari pantai. Jika kamu suka bercamping di sini juga di perbolehkan camping, untuk air bersih tidak usah khawatir karena di sini juga terdapat sumber air tawar dari mata air alami.

4. Pantai Kasap

Pantai kasap salah satu pantai indah di pacitan. tanah yang terkenal akan 1001 goa ini cukup banyak wisata menawan salah satunya pantai kasap, nah ada yang unik nih pantai kasap sendiri juga di sebut - sebut sebagai raja ampatnya pacitan loh kalau kamu lihat dari atas pesawat bakal kelihatan deretan pulau - pulau kecil di pantai kasap ini. jika ingin berkeliling pulau menggunakan kapal bisa juga membayar tiket sebesar 20 ribu dan saksikan pemandangan elok dari pantai kasap ini.

5. Goa Gong

Foto Goa Gong
Kalau julukannya 1001 goa sudah pasti terdapat wisata goa kan genk? mah salah satu goa yang bisa kunjungi setelah ke pantai banyu tibo yaitu goa gong. kalau kamu biasanya menikmati panorama pantai ataupun bukit mungkin saatnya harus berkunjung ke goa, keindahan gua juga jangan di remehin dulu kamu tidak akan tahu gimana panorama gua saat berkunjung ke sini mantep banget. saat memasuki gua gong kamu akan di sambut oleh stalakmit dan stalaktit yang harus kamu abadikan genk lewat kamera kamu. oyaa katanya nih genk gua gong juga merupakan gua ter-indah se-asia tenggara loh keren kan?

Click to comment