Type something and hit enter

author photo
By On
Hutan Mangrove PIK Dermaga
Kalau kamu berfikiran jakarta hanyalah tempat yang panas dan tidak punya ruang terbuka hijau yang bagus kayaknya kamu salah banget nih genk, kamu perlu nih berkunjung ke hutan mangrove PIK yang ada di jakarta utara.

Salah satu wisata sekaligus tempat pengembangan bakau di jakarta yaitu taman wisata alam mangrove bakal membuat kamu melupakan penat karena aktivitas sehari - hari yang bikin suntuk, hutan mangrove PIK 2 punya sesuatu yang lain di tengah ibukota yaitu hijaunya tumbuhan bakau yang bikin adem. mau tau gimana hutan mangrove PIK ini yuk kupas bersama.

Hutan Mangrove PIK

Jakarta memang terkenal sebagai kota urban yang padat penduduk, dan karena itu ada banyak wisata yang tersebar di ibukota indonesia ini.namun jika kamu hanya tahu ancol atau taman mini indonesia indah saja kayaknya kamu kurang update nih genk kamu perlu tahu juga daerah pesisir juga yaitu wisata hutan mangrove PIK.
Hutan Mangrove PIK Jembatan
Hutan mangrove PIK bukan hanya sebuah hutan biasa saja namun di sini adalah sebuah tempat perawatan tanaman bakau yang juga sebagai destinasi wisata masyrakat jakarta dan perlu kamu tahu bahwa wisata mangrove PIK ini juga sudah terkenal sampai mancanegara loh.

Aktivitas Apa di Hutan Mangrove

Nah karena suasananya yang adem membuat hutan mangrove PIK layak kamu sandangi jika tepat waktu liburan tiba, tenang saja kamu nggak akan bosan kok karena kamu bisa lakuin beberapa aktivitas ini seperti.

1. Hunting Foto

Bak oase di jakarta jarang banget bukan menemukan tempat hijau dan sejuk di jakarta yang terkenal panas jadi saat berlibur ke tempat enak enggak etis kalau ngga hunting foto cakep kan? hehe untuk spot foto di hutan mangrove sendiri kamu jangan bingung karena banyak banget kok seperti saat di depan pondok - pondok penginapan, atau juga pas sepanjang hutan yang di tumbuhi tanaman bakau.
Hutan Mangrove PIK Spot Foto Logo Hati
Namun perlu di ingat nih kamu boleh berfoto ria namun hanya memakai ponsel pintar saja genk, di hutan mangrove PIK sendiri di larang membawa kamera Profesional DSLR atau sejenisnya namun jika kamu ngeyel kamu akan di kenakan denda yang cukup banyak loh yaitu sebesar Rp. 1.000.000. sebaiknya kamu taati peraturan ini genk biar kamu nggak rugi sendiri.

2. Belajar Menanam Bakau

Bagi kamu yang suka banget hal - hal baru pasti tidak akan melewatkan ini begitu saja, kegiatan menanam bakau bisa kamu lakuin juga di taman wisata hutan mangrove angke ini. dalam kegiatan Short Course ini kamu akan di ajari bagaimana menanam bakau yang benar. dengan biaya belajar Rp. 150.000 untuk setiap proses pembelajaran nah ada hal menarik nih genk jika kamu ingin mempunyai papan namamu sendiri di tanaman bakau yang kamu tanam maka kamu bisa membayar Rp. 500.000 keren juga kan?

3. Menyusuri Hutan Bakau

Kegiatan lain yang mesti kamu coba adalah naik perahu dan mengelilingi kawasan hutan bakau ini, dengan membayar sewa sebesar Rp. 250.000 untuk 6 orang dan jika kamu berjumlah 8 orang harus membayar Rp. 350.000. tenang saja kamu nggak akan di bosan kok kamu akan di buat kagum dengan panorama alam mangrove PIK.

4. Menyewa Kano

Ingin bersantai - santai sambil mendayung kano? boleh nih menyewa kano dan sepeda air dengan biaya hanya Rp. 100.000 saja genk. selama 45 menit kamu bisa bermain dengan seru sambil menikmati sejuknya udara di sini.

5. Menikmati Sunset

Salah satu kegiatan yang epic banget yaitu melihat sunset, lokasi dari hutan mangrove pik yang berada di dekat pantai membuat kamu bisa melihat sunset dengan jelas. ingin lebih jelas melihatnya? kamu bisa naik ke menara yang lokasinya berada di sudut hutan.

Lokasi Hutan Mangrove PIK

Foto Hutan Mangrove PIK
Untuk lokasi hutan mangrove PIK sendiri berada di daerah Jl. Pantai Indah Utara Penjaringan Jakarta Utara. lokasinya sendiri persis di belakang yayasan Budha Tzu Chi. kamu bisa menjangkau tempat ini cukup mudah dari pusat kota jakarta karena memang transportasi umum ke sini juga sudah ada. kalaupun kamu menggunakan kendaraan pribadi juga mudah namun kamu harus siap terkena macet.

Kamu bisa lihat peta berikut ini,

Rute Menuju Hutan Mangrove

Untuk sampai ke lokasi tujuan kamu bisa gunakan beberapa pilihan akses jalan ke hutan mangrove jakarta baik kendaraan pribadi maupun umum,

#Transportasi Umum

Menggunakan transportasi umum bisa juga jadi pilihan bagus kamu bisa gunakan rute berikut,
1. Menggunakan Transjakarta
Dengan menggunakan transjakarta selain murah kamu bisa juga pindah koridor, untuk menuju hutan mangrove menggunakan transjakarta pertama kamu naik transjakarta koridor 9A yang menuju Pinang Ranti sampai Pluit lalu turun di halte Pluit Village Mall.

Selanjutnya bisa gunakan angkot merah dengan nomor B01 jurusan Grogol - Angke lalu turun di pantai indah kapuk dari sini bisa jalan kai menuju pintu masuk hutan mangrove PIK.
2. Bus dari terminal Blok M
Kalau kamu dari arah terminal Blok M bisa gunakan Bus Steady Safe Non AC no 37 yang jurusan Blok M - Muara Angke. biasanya nih genk bus ini hanya sampai di Mega Mall Pluit jadi solusinya kamu bisa gunakan angkot merah nomor 11 lalu turun di Jalan Mandara. perjalanan masih berlanjut dengan angkot merah yang melintas kawasa mangrove PIK.

#Kendaraan Pribadi

1. Kalau pengen yang simple dan tidak mau ribet memang kendaraan pribadi jadi solusinya jika kamu menggunakan kendaraan pribadi ada 2 rute yang bisa kamu gunakan.

- Pertama kamu bisa melalui tol dalam kota lalu keluar di tol pluit setelah kamu menjumpai Mega Mall Pluit jalan aja terus hingga Jalan Muara Karang lalu lurus saja hingga kamu melewati jembatan lalu ketemu dengan Pizza Hut pilih belok ke kiri jalan hingga sampai di kawasan Pantai Indah Kapuk.

- lalu rute yang kedua jauh lebih mudah kamu bisa menggunakan tol bandara lalu langsung keluar dri pintu tol Pantai Indah Kapuk.

Penginapan Hutan Mangrove

Ingin merasakan bagaimana menginap di sebuah hutan bakau? bisa juga nih mencoba beberapa penginapan di hutan mangrove. untuk penginapan di hutan mengrove sendiri di bedakan menjadi penginapan di atas air dan daratan.

Penginapan di atas daratan di kenakan tarif Rp. 300.000/malam dan penginapan yang ada di atas air di kenakan Rp. 450.000 tanpa AC. jika kamu ingin kamar ber-AC maka tarif kamar adalah Rp. 600.000/malam. penginapan ini bisa di bilang sangat sederhana karena hanya dinding dari kayu sebuah kasur dan sebuah kursi. buat kamu yang ingin fasilitas yang lebih lengkap bisa menginap di Villa dengan harga sekitar Rp. 1.300.000 hingga Rp. 6.000.000/malam.
Foto Keren Hutan Mangrove PIK

Harga Tiket Masuk Hutan Mangrove PIK

Untuk dapat memasuki kawasan hutan mangrove PIK kamu perlu membayar tiket masuk dengan daftarnya di bawah ini,

Harga Tiket Masuk :


  • Dewasa Rp. 25.000 (Rp. 30.000 untuk hari sabtu dan minggu/liburan)
  • Anak - anak Rp. 10.000
  • WNA tanpa KITAS Rp. 150.000 (Rp. 170.000 sabtu/minggu/liburan)
  • Parkir Motor Rp. 5.000
  • Parkir Mobil Rp. 10.000

Update!!!
Mulai tanggal 10 Oktober 2018 membawa kamera Hp atau Ipad tidak di kenakan biaya, kamu akan di kenakan biaya jika membawa :

  • Kamera Poket/Go Pro Rp. 150.000
  • Kamera DSLR Rp. 300.000
  • Kamera DSLR untuk event/photoshoot/prewedd Rp. 1,5 jt

Tamu yang menginap di villa di bebaskan membawa 1 kamera.

Jam buka dan tutup hutan mangrove PIK mulai dari pukul 07.00 - 18.00 WIB

Tanya Jawab

Beberapa pertanyaan dan jawaban dari pengunjung,
#Mau tanya kalo hari raya idul adha buka ngga?
Jawab : Idul Adha 1 September 2017 buka pukul 09.00  - 18.00. setelah itu buka seperti biasanya.
#Ada tempat buat piknik ngga sih?
Jawab : Bisa buat piknik, sedekar jalan - jalan juga bisa.
#Kalau naik ojol kemana ya alamatnya biar lengkap dan tau pasti?
Jawab : lokasinya persis di belakang yayasan Budha Tzu Chi. kalau dari balaikota/ monas bisa turun di depan gedung budha tzu chi dari sana tinggal jalan kaki ke belakang budha tzu chi. di sana ada petunjuknya.

Nah sudah siapin rencana untuk datang ke sini?

Click to comment