Type something and hit enter

By On
Sedang mencari tempat wisata yang bikin hati adem ayem? cobalah kunjungi wisata coban rais di kota batu malang, jawa timur.

di artikel ini saya akan membantu kamu untuk mengetahui berbagai hal menarik dari wisata tersebut seperti spot-spot keren yang bisa kamu abadikan bersama teman-temanmu atau bersama si do'i untuk diposting di akun media sosial.

Coban Rais di Malang, Jawa Timur

juga apabila kamu sama sekali tidak tahu dan belum pernah ke tempat wisata ini saya akan menuntun kamu dari rute lokasi yang harus kamu ambil hingga harga tiket tiap fasilitas. jadi tetap bersama indwisata.com ya..

Mengenal Sekilas Coban Rais di Malang


apabila kita berbicara tentang air terjun maka indonesia adalah surganya, tentu negara lain juga memiliki air terjun yang menarik seperti Grand Canyon dan lainya. tetapi, sebagai orang Indonesia kita harus mencintai yang ada di negeri sendiri ya enggak.

dari ribuan air terjun di indonesia ada salah satu yang sedang hits dan populer di Instagram namanya coban rais yang letaknya berada di kota batu malang, jawa Timur.

dalam bahasa setempat Coban sendiri artinya air terjun jadi kalau kita artikan kedalam bahasa Indonesia berarti Air Terjun Rais.. hmmm kalau Rais artinya apa yah? mungkin kalau kamu orang malang bisa komentar nanti dibawah..

sebelum di promosikan oleh pemerintah setempat sebagai objek wisata baru di Malang nama dari wisata ini adalah Coban Sabrangan yang artinya menyeberang atau Menyabrang.

jadi maksudnya untuk menuju ke lokasi tersebut kamu harus menyeberang aliran sungai terlebih dahulu. waduh repot  juga yah belum apa-apa udah basah-basahan.

untuk ketinggian dari air terjunya kira kira berkisar antara 20 -25m dan untuk lebih akuratnya kamu bisa bertanya ke petugas wisata tersebut. lokasinya sendiri masih terletak di Pegunungan Panderman yang memiliki ketinggian 1025m dari permukaan laut.

disini banyak dibangun spot-spot khusus untuk berfoto dan selfie yang saya jamin semuanya instagramable jadi tidak heran banyak orang yang pamer ketika mengunjungi wisata ini.

tetapi, kamu tidak perlu sedih karena setelah kamu membaca artikel ini semangat 45 kamu akan bangkit dan membalas mereka yang berani pamer ke kamu. oke lanjut...

wisata ini sendiri adalah hasil dari pengelolaan Perhutani yang pertama kali dibuka pada tahun 2016 sampai sekarang rata-rata pengunjung adalah 2000 orang/hari.

Statistik Pengunjung Coban Rais
Statistik Pengunjung Coban Rais

bahkan, ketika memasuki hari libur lebaran pengunjung bisa membludak sampai 5000 pengunjung padahal sudah diperlakukan pembatasan tiket karena demi keamanan dan kenyamanan pengunjung tentunya.

jadi berdasarkan data diatas, statistik pengunjung mengatakan bahwa jam 12:00 siang hingga jam 14:00 adalah waktu puncak kunjungan. jadi saran saya jika kamu tidak ingin berdesak-desakan bisa datang lebih pagi atau sekalian lebih sore.

Spot-Spot Berfoto Selfie dan Wahana Utama


saya percaya 75% dari kamu ketika mengunjungi tempat wisata pasti bertujuan untuk berfoto kan? ayo ngaku.. ngaku aja deh..

memang paling seru jika mengunjungi tempat wisata bareng teman-teman dan tidak lengkap rasanya kalau tidak mengabadikan mement tersebut.

saya sendiri kerap melakukanya tetapi hanya saat rame-rame sebab kalau selfie sendirian malu cyiin dilihatin orang-orang. oke, daripada penasaran lebih baik kita intip apa saja sih wahana utama di coban rais selain air terjun..

#1. Batu Flower Garden

yap, dari namanya sudah bisa kamu tebak disini adalah kebun bunga yang indah dan jika kamu pernah menonton film Teletubies pasti bisa membayangkanya.

Taman Batu Flower Garden

banyak bunga-bunga berwarna-warni yang disusun rapi seolah-olah membawa kita ke dunia lain yang hanya ada keindahan didalamnya dan apabila kamu berniat untuk berfoto maka tempat ini wajib kamu kunjungi dan sangat recomended.

#2. Icon Apel Kota Batu

sudah puas mengambil banyak foto di flower garden? kalau begitu ayo kita jalan menuju spot yang lain kali ini menuju sebuah apel kroak.

Spot Selfie Icon Apel

jika dilihat-lihat sekilas mirip logo perusahaan produsen smartphone itu yah. tetapi, yang sangat berbeda adalah bentuk coakan dari apelnya. jika logo perusahaan coakanya sedikit kalau yang ini hampir setengahnya.

untuk ukuranya pun tidak tanggung-tanggung cukup besar sampai butuh beberapa orang untuk mengelilingi lingkaranya. oke, cukup bagus sekarang ambil kamera dan jepret..jepret..

#3. Sepeda Udara Terbang

memang benar ini sepeda tetapi kata "terbang" apa iya?

Wahana Sepeda Udara

ternyata ini hanya sepeda yang sudah di ikat secara khusus sehingga bisa berjalan diatas tali yang sudah disiapkan.

untuk kemanan pengunjung yang mencoba wahana ini juga sudah disediakan tali pengaman sehingga tidak perlu khawatir akan terjatuh. tetapi untuk berfoto disini kamu perlu bantuan temanmu untuk mengambil gambar.

#4. The Hobbiton

dari namanya saja kamu sudah memperkirakan ada kata "hobbit" dan jika kamu pernah menonton film The Lord of The Rings pasti tidak asing dengan hobbit kan?

Wahana Rumah Hobbit

yup, tetapi di spot wisata ini maksudnya bukan ada hobbit atau manusia kecil tetapi hanya rumahnya saja yang kecil. jadi the hobbiton menawarkan rumah hobbit yang lucu-lucu.

kamu juga bisa mencoba masuk kedalam tetapi harus menunduk yah karena pintunya saja kecil. spot ini sangat menarik untuk di foto juga jadi ajak temanmu untuk berbaris dan jeprett.. jeprett.

#5. Paragliding

ingin merasakan sensasi terbang seperti burung? atau ingin membayangkan bagaimana rasanya menjadi pilot pesawat terbang?

Wahana Paragliding

yup, paragliding jawabanya! disini kamu akan akan diikat pada sebuah layang-layang kemudian akan dilepas hingga melayang-layang diudara. jika kamu tidak kuat nyali wahana ini jangan dicoba ya.

tetapi, bagi kamu yang ingin merasakan sensasi yang luar biasa tidak lengkap rasanya kalau ke coban rais tidak mencoba wahan yang satu ini. tetapi, seperti wahana sepeda udara kamu membutuhkan bantuan temenmu untuk mengambil gambar.

#6. Hammocking

memang wisata ini menawarkan wahana yang tidak habis-habis sekaligus juga menantang, disini kamu bisa tiduran atau duduk diatas ketinggian dengan santai mirip Tarzen.

Wahana Hammocking Mini

tetapi, ada tapinya ya.. bagi yang tidak kuat mental lebih baik duduk santai di tingkat pertama aja serius. karena semakin tinggi rasanya ngeri dan bergoyang-goyang.

yang lebih ngeri lagi lokasi ini berada di tepi jurang.. hmmm kalau saya sendiri lebih baik skip deh cukup melihat saja karena kalau jatuh benar-benar gak berfaedah.

#7. Dekorasi Bunga

setelah tadi kita memacu jantung sampai titik tertinggi kali ini kita akan bersantai sejenak ke lokasi dekorasi bunga yang indah.

Wahana Dekorasi Bunga

spot ini sangat tidak recomended di datangi untuk para jomblo serius. karena kalau kamu mendatangi tempat ini justru akan terlihat menyedihkan. di spot ini paling cocok untuk berselfie bersama pasangan karena suasananya yang dibuat sangat romantis.

#8. Gardu Pandang

untuk kamu yang memiliki pasangan boleh tersenyum lebar karena selain dekorasi bunga ada tempat lagi yang cocok untuk berselfie bersama pasangan yaitu gardu pandang yang memiliki bentuk I LOVE U.

Wahan Gardu Pandang

tetapi, agak ngeri juga karena lokasi ini berada di tepi jurang. jadi ingat untuk berhati-hati ya ketika berselfie.

untuk para kaum jomblo bisa mengunjungi tempat ini tetapi harus rame-rame yah. ingat harus rame-rame titik. karena saya tahu perasaanmu ketika dilihat menyedihkan oleh orang lain. pffft

#9. Coban Rais

sekarang saatnya menyatap hidangan utama yaitu coban rais. disini air terjunya sangat indah karena sekelilingnya masih asri dan sepanjang jalan kamu kesini akan melewati rimbunan pepohonan yang menyejukan mata.

Wisata Coban Rais Malang Air Terjun

tetapi, ketika kamu berencana ke spot ini harus menyiapkan stamina ekstra karena medan yang cukup berat. terlebih ketika musim hujan jalanya agak becek jadi sebaiknya kamu kunjungi wisata ini ketika musim kemarau saja.

#10. Rumah Smurfy (New 2018)

karena saking ramainya pengunjung ke wisata yang berada di kota batu ini akhirnya pihak pengelola menambah beberapa spot yang tidak kalah menarik dan ini baru ada ditahun 2018 ini yaitu smurfy"s house.

Wahana Rumah Smurfy

jika dilihat bentuknya mirip jamur dan sangat lucu karena pihak pengelola mengambil ide dari kartun berwarna biru yang biasa disebut smurfy. ada-ada saja ya.. tetapi, saya akui ini unik dan menarik bahkan sejak pertama kali dirilis spot ini langsung booming di Instagram.

tempat ini masih anget dan baru. so, saatnya kamu jadi yang pertama ambil foto sebanyak mungkin dan pamerin ketemen-temenmu.

#11. Rumah Eskimo (New 2018)

selain rumah smurfy ternyata masih adalah yang baru yaitu rumah eskimo. seperti namanya spot ini mengambil latar belakang salju dan rumahnya sendiri menggunakan balok-balok yang mirip es.

Wahana Rumah Eskimo

untuk membuat rumah eskimo ini pihak pengelola wisata hanya membuat rumah mirip kubah dengan sement kemudian di cat dengan warna putih dan supaya lebih dramatis ketika berfoto disini juga disediakan mantel kutub juga loh.

#12. Rumah Pohon (New 2018)

jadi total ada 3 nih yang baru dari spot wisata disini dan yang terakhir adalah rumah pohon. disini kamu bisa membayangkan hidup seperti tarzan yang berada di ketinggian.

Wahana Rumah Pohon

yang paling menarik disini kamu bisa melihat keselurahan spot wisata dari atas pohon. juga spot ini sangat cocok untuk dijadikan tempat selfie pokoknya instagramable deh. tetapi, ketika berada diatas sini jangan terlalu lama ya.. karena spot ini masih baru kasihan yang mengantri dibelakangmu ingin naik juga..

Rute dan Lokasi Wisata


saya tahu kamu sudah berteriak histeris dan ngebet ingin kesini. tetapi, kamu sebaiknya ketahui dulu rutenya supaya tidak nyasar. lebih recomended kamu memakai google maps supaya bisa menuntun kamu setiap jengkal jalan.
Lokasi Wisata

disini saya akan menyediakan beberapa rute yang sudah indwisata.com kumpulkan dari beberapa sumber yang terpercaya dan jika dirasa kurang lengkap kamu bisa mencari tahu di google maps.

untuk lokasi pastinya wisata ini berada di Jalur Lingkar Barat, Dusun Dresel, Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65316.

lebih mudah lagi lokasi wisata ini sudah memiliki tanda di Google Maps jadi akan lebih mudah ketika kamu mencarinya. tetapi, bila tetap masih nyasar terlalu..

#1. Memakai Angkutan Umum

apabila kamu memilih opsi untuk menggunakan angkutan umum bisa ikuti panduan ini pertama kita start dari Terminal Landungsari kemudian naik angkot BJL yang memiliki warna kuning. ada 2 jenis angkot yaitu pink dan kuning kamu pilih kuning.

setelah naik kedalam angkot kamu bisa katakan ke kernet atau sopirnya untuk menuju ke Coban Rais dan turun di pertigaan Oro-oro Ombo.

disini kamu tidak perlu khawatir karena terdapat papan penunjuk jalan yang menunjukan arah ke coban rais yang bisa kamu tempuh dengan berjalan kaki sebentar.

atau jika kamu ingin lebih cepat sampai bisa menyewa tukang ojek pengkolan dengan tarif Rp10.000 rupiah dan akan diantarkan hingga pintu masuk.

#2. Memakai Kendaraan Pribadi

ketika kamu memilih menggunakan kendaraan pribadi saya rasa lebih mudah karena kamu bisa memakai GPS untuk menuju Kota Batu.

setelah itu, kamu menuju studio batu TV yang ada di desa Dredel dan ikuti saja jalan pedesaan tersebut karena sudah sangat dekat dengan lokasi yang anda tuju yang kemudian akan terlihat papan besar objek wisata.

Jam Buka dan Harga Tiket


hore, selamat kamu sudah sampai ditujuan dan rasa lelah selama menaiki kendaraan terbayar karena tepat didepanmu sudah terpampang jelas keindahan yang menyambutmu untuk dinikmati.

sekarang kamu pasti penasaran berapa sih harga tiket masuk wisata ini? tenang saja, karena sangat murah meriah dan irit dikantong karena kamu hanya perlu mengeluarkan sekitar RP10.000 - Rp.15.000 saja. harga bervariasi tergantung hari libur dan hari-hari tertentu.

untuk jam bukanya sendiri antara jam 08:00 - 16:00 waktu setempat dan untuk lebih lengkapnya saya sudah merangkum beberapa harga tiap fasilitas dan wahana dibawah ini...

Alamat : Jalur Lingkar Barat, Dusun Dresel, Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65316.
Google Maps : Klik Disini
Jam Buka : 08:00 - 16:00
Telepon : 0812-5961-0875

Tiket Masuk Wisata: Rp. 10.000 - RP. 15.000,-
Tiket Parkir Motor: Rp. 2.500,-
Tiket Parkir Mobil: Rp. 10.000,-
Tiket Masuk Batu Flower Garden: Rp. 25.000,- (gratis 1x foto di Bukit Bulu dan 1x di Batu Flower Garden) 

Ojek ke Batu Flower Garden: Rp 10.000,-
Tiket Selfie di Pinus: Rp. 10.000,-
Tiket Selfie di Bukit Bulu: Rp. 10.000,-
Tiket Selfie Paragliding: Rp 50.000,-
Tiket Selfie di Ayunan: Rp. 10.000,-
Tiket Selfie Sepeda Udara: Rp 20.000,-
Tiket Selfie di Hammock Tower: Rp. 15.000,-
Tambahan Biaya untuk 1 file foto: Rp 5.000,

Three Angles: Rp 35.000,-
Ayunan Mini: Rp 10.000,-
Gowes Mono: Rp 20.000,-
Hammock Mini: Rp 20.000,-
Tiket Kamera DSLR: Rp. 15.000,-
Tiket Go Pro: Rp. 10.000,-
Tiket Drone: Rp 75.000,-

Penginapan atau Hotel Terdekat 


bagi kamu yang rumahnya dekat atau bisa ditempuh dengan kendaraan tidak terlalu lama memang bisa pulang dengan mudah. tetapi, untuk kamu yang berasal dari luar kota dan berniat bermalam disekitar objek wisata juga menyediakan penginapan.

dibawah indwisata.com sudah merangkum beberapa penginapan terdekat dan murah yang bisa kamu pilih seperti..

#1. Kampung Satelit

maksudnya adalah perkampungan antara Desa Oro-oro Ombo menuju coban rais disini banyak warga yang menyediakan tempat untuk bermalam untuk para wisatawan dan harganya bervariasi rata-rata sekitar 100.000/ malam

#2. Hotel Surya Indah

lokasinya sekitar 300 meter dari lokasi wisata dan sudah disediakan parkir dan sarapan gratis. sedangkan untuk tarifnya hotel ini mematok Rp. 500.000/ malam.

Hotel Surya Indah

untuk alamat tepatnya Jl. Raya Oro-oro Ombo no. 202, Batu, Indonesia. hotel ini bisa menjadi pilihan jika kamu memiliki dana lebih.

#3. Kampung lumbung

seperti namanya penginapan ini ada di perkampungan dan memiliki pemandangan yang sangat asri dan untuk tarifnya penginapan ini mematok harga Rp. 600.000/ malam.. hmm lumayan mahal juga yah..

Kampung Lumbung

untuk fasilitasnya disediakan WIFI dan parkir gratis. sedangkan untuk alamat lengkapnya hotel ini berada di Jl. Ir Sukarno | Puskesmas Beji, Batu 65145, Indonesia atau sekitar 1,3km dari coban rais.

#4. Golden Tulip Holland Resort Batu

jika kamu menginginkan hotel yang lebih mewah bisa memilih opsi ini karena baik pelayanan maupun tempatnya sangat bagus dan berkelas.

Golden Tulip Hollan Resort

untuk tarifnya sendiri berkisar Rp. 900.000/ malam dan fasilitas yang disediakan adalah parkir gratis, WIFI gratis, dan sudah termasuk sarapan.

sedangkan alamat lengkapnya berada di Jl. Chery No. 10 | Kompleks Panderman Hill, Batu 65314, Indonesia atau 1,3 km dari lokasi wisata.

#5 Ciptaningati Hotel

sesuai namanya yang khas Jawa hotel ini juga memiliki bangunan joglo seperti rumah adat orang jawa dan adapun fasilitas yang diberikan adalah Wifi Gratis saja.

Ciptaning Hotel

untuk harga cukup murah dibanding hotel-hotel yang saya sebutkan diatas tadi yaitu hanya Rp. 275.000/ malam dan untuk alamat lengkapnya berada di Jln. Argopuro 154, Batu 65315, Indonesia atau 2,2 km dari lokasi wisata.

Wisata Terdekat Lain


ini adalah informasi tambahan jika kamu bosan berada di tempat wisata tersebut bisa mengunjungi beberapa tempat wisata lain yang indwisata.com rekomendasikan. beberapa tempat ini sudah indwisata.com rangkum berdasarkan jarak.. so, enjoy...

#1. Batu Night Spectacular (BNS)

tempatnya tidak terlalu luas dan ada beberapa permainan untuk anak-anak juga remaja. berdasarkan saran pengunjung lebih baik membeli tiket terusan apabila kamu ingin menikmati beragam permainan karena lebih hemat.

untuk lokasi tepatnya berada di Jl. Oro-oro Ombo 200, Batu 65416 Indonesia 0,1 km dari tempat wisata sekarang.

#2. Batu Secret Zoo (Jatim Park 2)

kebun binatang ini lebih bertujuan untuk edukasi anak-anak kepada dunia fauna atau lumayan untuk kamu sekedar melihat-lihat bersama pacar.

untuk lokasi tepatnya berada di Jl. Raya Oro-Oro Ombo no. 9 Jawa Timur Park 2, Batu Indonesia 600m dari wisata saat ini.

#3. Museum Satwa 

masih berada di eco green park dan jatim park 2 dan mesum ini dikhususkan dengan berbagai macam hewan yang sangat bagus untuk dijadikan background selfie.

yang paling admin indwisata suka adalah ada berbagai macam jenis kupu-kupu yang indah di awetkan. untuk lokasi pastinya Jl. Oro-oro Ombo no. 9A, Batu Indonesia 1,1 km dari tempat wisata sekarang.

sebenarnya masih banyak tempat wisata lain yang cukup menarik di jawa timur. namun, karena keterbatasan waktu akan saya bahas di lain artikel.

oh iya, supaya kamu gak ketinggalan info terbaru tempat wisata yang sedang hits di Indonesia kamu bisa suscribe email kamu di widget form dan nanti kamu akan mendapatkan update terbaru dari kami, oke geng.

Tips Mengunjungi Coban Rais dari Indwisata

terakir, saya bisa merasakan hati kamu yang tengah puas dengan berbagai wahana yang sudah tersedia di wisata ini. tetapi, sebelum kamu bilang 'kuy cabut" sebaiknya menyiapkan beberapa hal dibawah ini supaya ketika berwisata aman dan nyaman.

  1. jika kamu berniat bermalam sebaiknya jangan sendirian demi keamanan
  2. pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan vit jika memutuskan memakai kendaraan pribadi
  3. ketika berwisata jangan memakai high heels karena banyak jalan yang masih berupa tanah
  4. bawalah baju ganti secukupnya
  5. terakhir dan paling penting, uaaaang! yep, sediakan uang yang cukup sebelum memutuskan berwisata.
padahal baru kemarin indwisata menulis artikel tentang air terjun yang berada di Nusa Tenggara Barat. tetapi, tak pernah bosan kami admin indwisata untuk berbagi informasi wisata yang sedang hits di Indonesia.

so, bagaimana menurut kamu? silakan corat-coret apapun baik pertanyaan atau saran di kolom komentar ya.

Click to comment