Type something and hit enter

By On
Ada yang bilang bukit cumbri terletak di Wonogiri dan ada yang bilang terletak di Ponorogo, jadi mana yang betul?

semuanya benar.

karena lokasi ini sendiri berada di terletak di perbatasan antara Kota Wonogiri Jawa Tengah dan Kota Ponorogo Jawa Timur. mirip seperti Gunung Slamet yang berada di Jawa tengah yang berada dalam 4 Kota sekaligus Pemalang, Tegal, Brebes, dan Purbalingga.
Bukit Cumbri Ponorogo
okey, kembali ke topik utama, apa yang akan kamu dapatkan disini?

indwisata.com akan memberikan info terbaru dari bukit cumbri dari harga tiket masuk, jalur pendakian, beberapa gambar sunrise dan sunset. jadi jangan sampai kamu ketinggalan info tersebut.

Mengenal Bukit Cumbri 


selain coban rais, tempat wisata ini juga masih anget loh geng karena baru hits dan populer di awal 2018 ini. gimana caranya bisa sampai populer seperti sekarang?

ternyata, ini bermula ketika sekelompok mahasiswa yang tengah melakukan camping di bukit tersebut dan mengupload di media sosial. alhasil, karena keindahan pemandangan bak seperti negeri diatas awan langsung booming.
Bukit Cumbri Wonogiri
selain itu, tempat ini sangat recomended untuk kamu yang pecinta hiking karena setiap perjalanan akan disuguhkan pemandangan yang menakjubkan. rasa lelah ketika mendaki pun langsung terbayar. rasa kepuasan ini hanya dimengerti oleh mereka pecinta hiking saja.. betul gak?

Beberapa Pertanyaan yang Akan Membantu


disini indwisata sudah merangkum pertanyaan seputar tempat wisata ini yang mana semoga bisa membantu menjawab pertanyaanmu.

#1. Jika saya ingin lihat sunrise sebaiknya dari parkiran mulai mendaki jam berapa?

Jawaban : sunrise mulai terlihat pada pukul 06:00 waktu setempat dan perjalanan dari tempat parkir rata-rata 20 - 30 menit. so, kamu harus mulai mendaki pukul 05:30 waktu setempat jika ingin melihat sunrise
Sunrise Bukit Cumbri
#2. saya berencana untuk Camping apakah boleh? terus apakah ada peraturan tertentu?

Jawaban : Boleh, dan peraturanya cukup kamu meminta Izin terlebih dahulu dan beli tiket serta jangan membuang sampah sembarangan dan jangan merusak tanaman disana. juga, masih ada beberapa tanaman baru. so, hati-hati.

#3. saya tipe manusia pemberani dan ingin mendaki malam apakah boleh?

Jawaban : Boleh, tetapi resiko ditanggung sendiri.

#4. apakah sebelumnya ada yang pernah Ngecamp di Cumbri?

Jawaban : banyak dan menurut review yang pernah kesini pemandangan sunrisenya asik apalagi kalau malam bisa melihat lampu-lampu berasa di langit. kalau pas kabut tebal bisa melihat dari bawah serasa di bromo.

kalau kamu berencana camping jangan lupa untuk bawa jajan yang banyak untuk memberi makan monyet-monyet lucu juga ya..
Sunrise Bukit Cumbri
#5. Untuk Tempat Parkirnya apakah memadai?

Jawaban : tentu, disediakan tempat parkir tetapi tidak terlalu luas dan untuk ukuran mobil City Car hanya bisa memuat sekitar 3 Mobil saja.

#6. Berapakah Jarak Tempuh Kesini kalau dari Kota Wonogiri?

Jawaban : jaraknya sekitar 40 - 50 km jadi kalau ditempuh kendaraan kurang lebih 1 jam.

#7. Berapa Harga Tiket Masuknya?

Jawaban : gratis! kamu hanya dikenakan biaya parkir saja Rp. 3.000/ motor dan Rp. 10.000/mobil.

#8. Pemandangan akan lebih keren ketika musim hujan atau musim kemarau?

Jawaban : semuanya bagus tergantung kepada diri masing-masing. tetapi, akan lebih baik mendaki di musim kemarau karena jalan tidak begitu licin. yang kamu dapatkan ketika musim kemarau berarti banyak rumput layu dan gersang. sedangkan, kalau musim hujan banyak rumput hijau.

#9. menurut rumor di gunung cumbri ada macan apakah benar?

Jawaban : tidak ada, kalau monyet ada.
Monyet di Bukit Cumbri
#10. berapa MDPL ketinggian bukit ini?

Jawaban : ketinggin bukit cumbri 638 MDPL.

Sejarah Gunung Cumbri


berdasarkan cerita turun temurun rakyat sekitar dahulu kala para petani disekitar gunung cumbri mengalami gagal panen besar-besaran ini tidak lain karena ulah tikus yang di pimpin oleh raja tikus bernama Tikus Jinodo.

hal ini membuat para petani tidak bisa berbuat apa-apa hanya bisa meratapi nasib yang menimpa. selain itu, kerbau milik petani juga sedih melihat majikanya yang kelaparan sampai titik yang menyedihkan.

tidak jauh dari desa petani tinggal Manuk Beri atau dalam bahasa Indonesia berarti Burung Beri. melihat hal ini manuk beri merasa kasihan melihat nasib para petani dan tergerak hatinya untuk membantu para petani.

setelah menyusun rencana yang matang, akhirnya burung beri mendapatkan ide untuk membantu petani yaitu dengan membunuh rajanya langsung yakni tikus Jinodo.
Legenda Sejarah  Bukit Cumbri
manuk beri terbang di sekitar persawahan mencari raja tikus dan akhirnya menemukanya dengan secepat kilat langsung menyambar tikus tersebut. tetapi, nasib berkata lain karena kelicikan tikus tersebut dia berlari kearah petani dan kerbaunya yang tengah membajak sawah.

dalam sepersekian detik, kecelakaan terjadi yaitu manuk beri salah sambar yang seharusnya raja tikus malahan dia menelan petani dan kerbaunya. menyadari kesalahan yang telah dia perbuat burung tersebut terbang dan hinggap di Pring Petung/ Bambu Petung.

dia merenungi kesalahanya dan menangis sedih. menyadari burung tersebut tengah bengong tikus Jinodo merencanakan rencana licik lain yaitu menyerang sayap burung tersebut hingga tidak bisa terbang.

sial bagi burung, bambu tempat dia bertengger juga dekat dengan sarang keluarganya yang mana pasanganya sedang mengerami telur. karena serangan tikus yang membabi buta akhirnya 2 pasangan burung tersebut akhinya mati ditempat.

karena sejarah ini, mitos pun berkembang ditengah masyarakat sekitar gunung Cumbri yaitu jika ada sepasang kekasih mendaki gunung tersebut maka akan menjadi jodohnya. sedangkan bagi pasangan yang sudah menikah apabila mendaki maka hanya kematian yang memisahkan.

so sweet sekaligus serem ya geng, mengenai kebenaran mitos tersebut apakah benar?
Sunset Bukit Cumbri
saya tidak tahu jangan tanya saya karena saya hanya menyampaikan informasi.. pffft dan dari pada bingung kenapa kamu tidak membuktikanya langsung dengan mendaki bersama pasangan?

saya jomblo, terus bagaimana dengan saya?

kalau kamu kelaut aja, pfft..

Rute dan Lokasi Bukit Cumbri


untuk lokasinya sendiri berada di Kepyar, Purwantoro, Ngudal, Pagerukir, Sampung, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah 57695.
Plang Selamat Datang Bukit Cumbri
pertama, entah kamu datang darimana langsung menuju ke Desa Biting, Purwantoro, Wonogiri lokasi tepat berada di perbatasan jadi kamu bisa tanya warga sekitar kalau takut nyasar.

atau bisa memakai peta ini dari google maps. kemudian parkirkan kendaraanmu dan siap untuk mendaki. tenang saja disini banyak petunjuk arah jadi tidak mungkin nyasar.

kalau kamu bukan orang jawa petunjuk arah ini artinya Munggah/ Naik dan Mudun artinya Turun. atau kamu bisa memakai jasa Tour Guide ini nomornya 0878-9986-1049 atas nama Ninik.

#1. Start dari Terminal Purwantoro

kalau kamu ingin mengambil opsi ini bisa ikuti panduanya. pertama, naik mini bus jurusan Ponorogo kemudian turun diperbatasan Jateng-Jatim.

dari sini kamu bisa menyewa ojek atau jalan menuju base camp.

#2. Start Dari Solo

jika kamu berasal dari solo bisa melalui jalur Solo-Wonogiri dan nanti akan melewati jln. Purwantoro dari sini arahkan kendaraan menuju Desa. Biting.

apabila menggunakan angkutan umum bisa memakai bus AKDP jurusan Solo-Jateng nanti lewat Terminal Purwantoro. dari situs kamu turun dan ikuti langkah nomor 1.

#3. Start Dari Madiun

kalau kamu berada di madiun bisa menggunakan jalur Madiun - Ponorogo kemudian nanti arahkan kendaran menuju Desa Page Ukir dari sistu banyak panduan jalan jadi kamu pasti bisa menemukan jalan menuju bukit.

#4. Start dari Kota Wonogiri

dari kota wonogiri bisa arahkan kendaraan menuju ponorogo yang kurang lebih ditempuhselama 1,5 jam. setelah itu kamu akan menemukan gapura selamat datang Ponorogo dari situ kamu belok kiri masuk ke gang.
Tempat Parkir Bukit Cumbri
kalu sudah masuk gang terdapat petunjuk arah menuju basecamp atau kalau tidak mau repot bisa menyewa ojek untuk mengantarmu.

Tips Mendaki Dari Indwisata


yes, semangat kamu berkobar dan ingin segera menikmati pemandangan yang luar biasa ini. tetapi, sebelum itu sebaiknya kamu baca tips-tips dibawah supaya memudahkan kamu nantinya.

  1. kumpulkan sampahmu dan bawa kembali kemudin baru buang di tempat pembuangan ini peraturan wajib.
  2. bawa smartphone kamu tidak perlu khawatir sinyal karena sinyal disini bagus
  3. jangan memetik buah jambu monyet disepanjang jalur pendakian karena ada pemiliknya
  4. bawa persedian air karena diatas bukit tidak ada penjual air
  5. bawa jas hujan dan sweater apabila berencana untuk camping karena asli dingin banget diatas
  6. persiapkan stamina karena nanti kamu harus mendaki jadi badan wajib dalam kondisi vit
Kesimpulan
Alamat : Kepyar, Purwantoro, Ngudal, Pagerukir, Sampung, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah 57695
Google Maps : Klik DisiniHTM : Gratis! hanya dikenakan biaya parkir Rp. 3.000/motor dan Rp. 10.000/mobil
Jam Buka : 24 Jam
Telepon : 0813-2650-5957

Menikmati Sunrise dan Sunset

selamat rasa lelah kamu akhirnya terbayarkan sudah dengan keindahan yang terpampang di depan mata membuat seakan-akan sedang berada di dunia lain.

disini ada 2 puncak yang saling berlawanan arah yang satu menghadap ke timur (ponorogo) dan yang satunya menghadap ke barat (wonogiri). disini banyak bebatuan yang tidak rata dan sisi kanan dan kiri adalah jurang yang cukup tinggi.
Keindahan Sunset Bukit Cumbri
meskipun begitu, jalur pendakian tidak terlalu curam dan nyaman untuk para pemula yang mencoba hiking. tempat ini sangat recomended bagi penyuka tantangan atau ingin mencari selfie dengan latar belakang sunrise atau sunset yang indah.

selain itu, bagi kamu yang pusing dengan hiruk pikuk suasana perkotaan bisa bukit cumbri di wonogiri ini untuk mencari ketenangan. oke geng. kalau kamu sendiri bagaimana dengan pemandangan dari wisata ini?
Keindahan Bukit Cumbri
silakan tulis komentar kamu dibawah ya..

Click to comment