Type something and hit enter

By On
Setelah kemarin kita bersantai-santai di taman kita oreo bogor sekarang ayo kita terbang ke Nusa tenggara Barat geng. tepatnya kita akan mengunjungi air terjun benang stokel aik berik dan benang kelambu yang sangat menakjubkan di lombok tengah.

letak gegrafis lombok yang berada di kepulauan sunda kecil dan bersebelahan dengan pulau bali menjadikan tempat ini memiliki keaneragaman wisata khas daerah tropis yang luar biasa. tentu kita tak usah bertanya dengan pulau bali yang tetangga NTB ini.

Denah Air Terjun Benang Kelambu

tetapi, sebagai tetangga dari pulau bali tentu saja lombok menawarkan tempat wisata yang tidak kalah menarik contohnya saja hamparan savana di pinggir tebing yang berada di linkoq batu pantai penyisok, gunung rinjani, jembatan gantung kuno peninggalan belanda, villa hantu di pantai setangi dan masih bnyak lagi.

Air Terjun Stokel dan Benang Kelambu


tetapi, kali ini indwisata.com tidak akan berbicara mengenai tempat-tempat diatas karena kita akan menyusuri ke tengah pulau di lombok tengah yaitu ke air terjun yang konon katanya sangat digemari para wisatawan ini.

Air Terjun Benang Stokel

air terjun benang stokel sendiri sebenarnya masih berada di kawasan taman wisata gunung rinjani dan berada pada ketinggian 552m dpl. seperti yang terlihat di gambar air terjun ini memiliki 2 buah terjunan yang kira-kira keduanya memiliki ketinggian  sekitar 30 m.

Air Terjun Benang Stokel

keduanya memiliki debit air yang berbeda dan tepat dibawahnya terdapat kolam kecil yang bisa kamu gunakan untuk berendam dan mandi atau jika kamu seorang yang narsis tempat ini recomended banget karena instagramable loh.

Mitos dan Sejarah


tak lengkap rasanya apabila kita tidak tahu sejarah dan asal-usul dari spot wisata ini dan untuk sekedar menambah wawasan kamu bisa baca dibawah ini atau jika kamu tidak ingin mengetahui mitos dan sejarahnya bisa skip dan lanjut kebawah.

Air Terjun Benang Stokel

nama benang stokel sendiri menurut daerah setempat artinya segumpal benang, nama ini diberikan karena air terjun ini bentuknya menggumpal-gumpal mirip benang yang diikat. dan mitos yang berkembang di masyarakat sekitar adalah tempat ini merupakan tempat mandi untuk Dewi Rinjani.

Air Terjun Benang Stokel

siapa sih cewek bernama dewi rinjani ini? dia adalah makhluk gaib penunggu gunung  rinjani yang pada saat tertentu akan turun gunung untuk mandi dan membersihkan diri. konon air terjun ini menggumbal karena rambut dan dewi tersebut yang tengah dibersihkan.

hingga muncul rumor di masyarakat sekitar bahwa siapa saja yang mempunyai masalah rambut entah rontok, botak, ingin rambut lebih hitam bisa diatasi dengan mandi di air terjun tersebut.

saya sendiri tidak tahu dengan kebenaran mitos tersebut dan bila kamu ingin bertanya tenang mitos maaf saya tidak bisa menjawab karena saya hanya memberikan informasi dan saya bukan warga sekitar... peace..

Jalan Setapak Menuju Air Terjun Benang Stokel

selain dari tempat ini, jalur benang stokel sendiri kerap digunakan oleh orang-orang yang mencari kesaktian, berkah, dan keselamatan hingga melakukan pendakian sampai puncak gunung rinjani dan bertapa.

serem juga ya geng.. tetapi walaupun kegiatan ini masih dilakukan masyarakat sekitar tetapi hanya sedikit orang yang melakukanya dan hanya pada hari-hari tertentu saja jadi kemungkinan kamu bertemu orang yang tengah melakukan kegiatan ini sedikit kemungkinanya.

Rute dan lokasi


sekarang kita akan bersiap untuk menuju ke lokasi destinasi wisata ini dan penting untuk kamu untuk menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan dan baca dengan seksama sehingga tidak nyasar nantinya. kan malu-maluin kalau udah semangat 45 mau ke objek wisata ternyata di tengah jalan malah nyasar.

Mandi di Air Terjun

untuk lokasinya sendiri berada di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Keliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), Propinsi Nusa Tenggara Barat dan lokasi pastinya kalau dihitung dari kota-kota sekitar adalah arah timur dari kota mataram dengan jarak 30 km.

Keindahan Air Terjun

sedangkan kalau dihitung dari kota Praya wisata ini berjarak sekitar 25 km saja ke arah utara. yang menjadi sedikit masalah adalah disini belum tersedia angkutan umum sehingga harus menggunakan kendaraan pribadi.

#1. Start dari Kota Mataram

kalau kamu start dari kota mataram boleh mengikuti jalur ini pertama melewati Nermada kemudian Sedau berselang beberapa waktu kemudian kamu akan sampai di pertigaan Desa Pancor Dao. kalau sudah di pertigaan ini kamu bisa menuju ke timur laut menuju pasar Teratak kemudian ambil kiri melewati jalan pedesaan.

Segarnya Air Terjun

ingat, dijalan pedesaan ini banyak pengunjung yang kesasar karena banyaknya jalan pertigaan dan juga masih sedikit papan penunjuk jalan.. hmm masukan nih buat pemerintah kota lombok supaya lebih menyediakan kemudahan wisatawan.

setelah beberapa waktu kamu akan sampai di pintu masuk wisata. tetapi dari sini hanya bisa diakses dengan jalan kaki saja karena harus melewati jalan setepak ditengah hutan. untungnya jalan tersebut sudah diberikan fasilitas paving blok.

#2. Start Dari Kota Praya

untuk kamu yang start dari kota praya bisa mengikuti petunjuk ini yaitu arahkan kendaraanmu menuju Mantang dengan melewati Jl Raya Praya - Mantang hingga sampai Desa Sebelung. sesampai di desa sebelung ambil kiri menuju Montong Dao.

setelah itu ambil kanan hingga sampai pasar Teratak - Batu Kliang Utara. kalau sudah sampai pasar kamu bisa ambil kiri dengan melewati jalan pedesaan dan tidak membutuhkan waktu yang lama kamu akan sampai di pintu masuk wisata.

Air Terjun Benang Stokel

untuk air terjun benang kelambu dan benang stokel sendiri lokasinya berdekatan jadi kamu bisa menuju kedua tempat tersebut bersamaan dan berdasarkan review dari para wisatawan rutenya agak berat jadi siapkan stamina yang cukup ya geng.


Harga Tiket Masuk


berdasarkan info yang saya terima dari salah seorang wisatawan harga tiket masuknya adalah Rp35.000 / orang dan apabila kamu ingin menyewa ojek pengkolan yang nanti diantarkan hingga sampai air terjun akan dikenakan biaya tambahan Rp. 35.000/ orang juga.

tetapi, jika kamu adalah pecinta hiking seperti saya lebih baik jalan kaki saja dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam (pulang pergi).

Fasilitas dan Akomodasi


seperti yang sudah saya sebutkan diatas sepertinya tempat ini masih belum mendapatkan perhatian penuh dari pemerintah setempat karena minimnya papan penunjuk jalan sehingga menyulitkan pengunjung yang baru ke tempat tersebut.

Air Terjun Benang Stokel

selain itu juga, toilet juga sudah tidak layak karena ada beberapa yang tidak memiliki pintu dan tidak memiliki atap.. hadeeh piye too kalau kamu adalah cowok tidak masalah bisa kencing dan ganti baju disembarang tempat. tetapi bagi pengunjung cewek ini adalah sesuatu yang krusial, iya nggak?

Alamat :  Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Keliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), Propinsi Nusa Tenggara Barat
Maps : Klik DisiniHTM : Rp. 35.000
Buka/Tutup : Pkl 08:00 - 18:00 waktu setempat
Telepon : -

sampai disini kamu tentu bingung ingin mengunjungi tempat ini atau tidak dan untuk menambah informasi untuk kamu saya akan memberikan data yang saya kumpulkan berdasarkan review pengguna yang mengunjungi tempat tersebut dibawah ini..

Ulasan Pengunjung Air Terjun Benang Stokel

dari pengalaman orang yang pernah mengunjungi tempat ini rata-rata memberikan hasil yang bagus. jadi tempat ini cukup recomended untuk kamu datangi geng. tetapi sebelum bersiap untuk kesini lebih baik baca beberapa tips dari indwisata dibawah ini..

Tips Ketika Akan Mengunjungi Air Terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu

  1. persiapkan stamina dan tenaga extra karena kondisi track yang cukup jauh dan naik turun tangga.
  2. gunakan alas kaki yang nyaman untuk berjalan kaki (recomended sandal gunung dan please don't use High Heels)
  3. bawalah handuk dan baju ganti ketika berencana bermain air.
  4. khusus untuk rombongan bisa menyewa 1 tour guide demi keamanan dan kenyamanan.
  5. siapkan mental karena disana ruang ganti dan toilet bisa dibilang tidak ada.

nah, kalau kamu sendiri bagaimana apakah pernah mengunjungi tempat ini? atau bagi yang belum gimana tanggapan kamu tentang air terjun benang stokel dan benang kelambu ini geng. corat-coret unek-unekmu di komentar ya..

Click to comment